NEWS

Hari ini dalam Sejarah Proklamasi Kemerdekaan indonesia 17 Agustus 1945

Tujuh belas Agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita…
Hari merdeka nusa dan bangsa..
Hari lahirnya bangsa Indonesia…
Merdeka. Sekali merdeka tetap merdeka…

Hari ini, 74 tahun lalu, ikhtiar panjang bangsa Indonesia untuk terbebas dari belenggu penjajahan tunai pada 17 Agustus 1945.
Pada hari itu, Indonesia memprolamirkan kemerdekaannya di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat.

Fakta Menarik Seputar Proklamasi 17 Agustus 1945

Merdeka! Republik Indonesia memperingati ulang tahun ke-74 tahun pada hari ini, Sabtu (17/8/2019). Kemerdekaan Indonesia 74 tahun lalu ditandai dengan pembacaan teks proklamasi pada 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno dan didampingi Mohammad Hatta. Pembacaan naskah proklamasi tersebut sekaligus menandai kemerdekaan Indonesia dan lepas dari jerat penjajahan. Dari sejumlah pemberitaan Kompas.com, berikut sejumlah fakta menarik seputar proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Jokowi Salami Komandan Upacara dan Warga Usai Upacara Detik-detik Proklamasi

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia usai dilaksanakan di Istana. Seusai upacara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalami komandan upacara dan warga.
Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo selaku komandan upacara melaporkan upacara telah selesai dilaksanakan. Jokowi kemudian memerintahkan untuk membubarkan pasukan.

“Bubarkan,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019).
Usai upacara, Jokowi turun dari kursi kehormatan. Jokowi berjalan ke lapangan upacara untuk menyalami Hariyo. Jokowi juga menepuk bahu Hariyo. Setelahnya, Jokowi beranjak ke sisi barat Istana. Ia menyalami warga yang hadir.Dalam acara ini, juga diumumkan ketiga pemenang kostum daerah terbaik. Istri Menhan Ryamizard Ryacudu, Nora Tristyana mendapat hadiah sepeda.

Rasakan Suasana Upacara HUT Ke-74 RI, Warga Datangi Seberang Istana

Sejumlah masyarakat berkumpul di depan Istana Negara, Jakarta. Mereka berkumpul untuk ikut merasakan suasana upacara peringatan HUT ke-74 RI.Sabtu (17/8/2019), masyarakat mulai datang ke Taman Pandang Istana sekitar pukul 08.30 WIB. Mereka mulai memadati area di depan Istana Merdeka sekitar pukul 09.00 WIB.
Disediakan sebuah layar besar di depan Istana Negara. Tampak masyarakat datang bersama keluarganya, mayoritas dari mereka mengenakan atribut berwarna merah dan putih.

Salah satunya keluarga Makmur (37), yang memang berencana merayakan HUT ke-74 RI di depan Istana. Ia mengaku senang melihat antusiasme masyarakat dan mengirimkan doa bagi para pejabat negara ini.
“Ya seneng, ramai, berarti menandakan semua merayakan kemerdekaan, seneng, Indonesia aman, mudah-mudahan seterusnya begini, ramai aman. Untuk kepala negaranya semoga sehat-sehat selalu, amanah menjalankan tugasnya. Untuk Indonesia terus lebih baik menuju Indonesia emas di tahun 2025,” kata Makmur di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.
Hal lain disampaikan istri Makmur, Nihayaturrohmah (36), yang mengatakan, selain ingin merayakan HUT RI ke-74, kehadirannya karena ingin melihat Presiden Joko Widodo dan cucunya, Jan Ethes.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close