domino onlineTogel Singapore
istanacerita News

Pemahaman Kita Tentang Dunia Alami

ISTANA CERITA Terutama, umat manusia secara fundamental dan tidak sengaja mengubah bentuk dunia alami. Tetapi para ilmuwan yang paling memahami pergeseran ini biasanya hanya menggunakan bahasa sains dan akal – data dan model – untuk menjelaskannya.

Ketergantungan yang berlebihan pada sains dan akal budi ini membuat sulit untuk berkomunikasi dengan masyarakat umum. Ini juga membutakan kita pada cakupan penuh dari masalah yang kita hadapi sekarang, yang dapat sepenuhnya dipahami hanya melalui perspektif emosional, budaya, etika dan spiritual di dunia.

Meninggalkan ruang untuk yang misterius dan tidak bisa dijelaskan
Ahli geofisika telah mengusulkan bahwa kita telah memasuki Anthropocene, zaman geologis baru yang ditentukan oleh pengaruh manusia terhadap planet dan sistem alam. Apa yang kita lakukan untuk beradaptasi dengan kenyataan baru ini mengharuskan kita menambah cara ilmiah kita mempelajari lingkungan alam dengan kebijaksanaan untuk menghargai keterbatasan intelektual kita.

Misalnya, alasan ilmiah bergantung pada data dan analisis, namun ada banyak hal di dunia ini yang tidak dapat diukur; seseorang tidak dapat memberikan data yang membuktikan bahwa cinta untuk manusia lain, hubungan spiritual dengan dunia alami, rasa panggilan panggilan atau kehadiran Tuhan semuanya ada. Namun, banyak orang percaya – atau bahkan tahu – bahwa ini ada.

Alasan ilmiah juga berupaya memahami dunia alami dengan memecahnya menjadi beberapa bagian. Tetapi integritas keseluruhanlah yang penting, apa yang disebut Rachel Carson sebagai “jaring kehidupan.”

Akhirnya, alasan ilmiah berusaha menjelaskan semua fenomena melalui kata-kata dan angka. Namun ada banyak pengalaman yang menentang artikulasi; pianis klasik atau atlet profesional sering mengalami kesulitan besar untuk mengungkapkan esensi pengalaman mereka ketika mereka menyempurnakan keahlian mereka.

Jadi, sementara sains dapat terus maju dalam mengeksplorasi yang rasional di alam, dengan menganalisis sistem alami melalui model “data besar” menggunakan loop umpan balik, penundaan waktu, akumulasi dan nonlinier yang beroperasi di dalamnya, ia juga harus memberikan ruang bagi yang misterius dan tidak dapat dijelaskan. , menunjukkan kerendahan hati yang tidak dan mungkin tidak pernah tahu kompleksitas sepenuhnya.

Sama seperti kita tidak dapat menyatakan dengan pasti bahwa rokok akan menyebabkan satu orang terkena kanker mengingat kompleksitas tubuh manusia, demikian juga kita terbatas pada kemampuan kita untuk memprediksi dampak tindakan kita terhadap lingkungan alami. Laporan jenderal ahli bedah 1964 sebenarnya menyatakan bahwa “metode statistik tidak dapat membuktikan bukti hubungan sebab akibat dalam hubungan [antara merokok dan kanker paru-paru]. Signifikansi kausal dari suatu asosiasi adalah masalah penilaian yang melampaui pernyataan probabilitas statistik apa pun. ”Perlindungan dunia alami juga harus menjadi masalah penilaian, berdasarkan pada keyakinan dan alasan.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close